5 Bahasa Pemrograman Terbaik Untuk Kecerdasan Buatan

Apa itu AI atau Kecerdasan Buatan? – Kecerdasan Buatan atau dalam bahasa inggris adalah Artificial intelligence (AI) adalah perilaku cerdas dari suatu mesin. Dalam ilmu komputer, riset dari AI adalah pembelajaran dari agen-agen cerdas (intelligent agent) . Agen-agen cerdas merupakan perangkat yang dapat beradaptasi terhadap lingkungan untuk memaksimalkan pencapaian tujuan. Mudahnya AI ialah mesin yang dapat meniru cara kerja manusia secara kognitif seperti: belajar dan penyelesaian masalah.

Kecerdasan Buatan

Pada masa sekarang ini kita terdapat banyak sekali pemanfaatan dari penerapan AI contohnya adalah:

  • Pendeteksi kesalahan penulisan dari kueri pencarian google
  • Sistem rekomendasi iklan
  • Mobil otonom (autonomous car) seperti yang ada di mobil keluaran Tesla
  • Chatbot
  • Sistem peramalan cuaca
  • Sistem peramalan harga saham
  • Computer Vision

Program ataupun software yang yang mengimplementasikan kecerdasan buatan/AI dapat dibuat dengan banyak bahasa pemrograman, akan tetapi berikut ini adalah bahasa-bahasa pemrograman yang paling sering digunakan untuk membuat AI.

Python

Logo dari bahasa python

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membuat AI. hal ini dikarenakan kesederhanaan dari bahasa Python. Python dengan mudah dapat digunakan untuk mengimplementasikan struktur data dan algoritma yang sering digunakan untuk AI.

Pemilihan Python untuk membuat AI juga dipengaruhi oleh banyaknya library/pustaka program yang dapat mempermudah pembuatan AI seperti: Numpy,Scypy,Pybrain.

Kalian juga dipermudah dalam mempelajari python untuk membuat AI karena banyak sekali tutorialnya diinternet.

Java

Java Logo, Java Oracle Logo

Java juga merupakan pilihan yang bagus dalam membuat Sistem AI. Java bersifat OOP (Object Oriented Programming/Pemrograman berorientasi obyek) yang fokus dalam memberikan fitur-fitur tingkat tinggi yang dibutuhkan untuk mengerjakan proyek AI, Java bersifat portable dan menawarkan fitur auto garbage collection. Java juga memiliki komunitas yang sangat besar.

Java juga menawarkan cara mudah untuk koding algoritma, dan AI itu penuh dengan algoritma seperti pencarian, NLP/Natural Language Processing ataupun Jaringan syaraf tiruan (Neural Networks). Java juga dapat diskala yang merupakan fitur wajib dari proyek AI.

Lisp

Lisp meme

Seharusnya logo dari lisp, entah kenapa saya pengen ngepost meme. Maafkanlah

Lisp bagus digunakan untuk membuat AI dikarenakan kemampuan yang sangat baik dalam prototyping dan dukungan terhadap ekspresi simbolik (Symbolic Expressions). Lisp merupakan bahasa pemrograman yang powerful dan digunakan untuk proyek AI seperti: Macsyma, DART, and CYC.

Lisp banyak digunakan untuk divisi Machine Learning karena kegunaannya dan struktur simbolik yang dimiliki oleh lisp.

Prolog

Ilustrasi dari prolog

Prolog asing bagi kalian? dengan Prolog kalian coding by logic

Prolog merupakan bahasa pemrograman logika yang namanya berasal dari bahasa prancis yaitu programmation en logique (Pemrograman Logika). Prolog bagus digunakan untuk pembuatan AI dikarenakan menawarkan mekanisme dasar dalam pembuatan AI, yang mana sangat bermanfaat dalam pemrograman kecerdasan buatan. Contohnya : prolog menawarkan pattern matching, backtracking secara otomatis, dan struktur data berdasarkan pada struktur tree. pengabungan mekanisme-mekanisme ini dapat memberikan framework yang fleksibel untuk membaut AI.

C++

C++ Logo

Jika dibandingkan dengan kebanyakan contoh sebelumnya bahasa C++ merupakan bahasa dengan performa yang cepat. Kemampuannya untuk meramban ke level rendah (level hardware) memungkinkan developer untuk meningkatkan waktu eksekusi dari program mereka. C++ sangat berguna dalam proyek AI yang diminta memiliki performa yang bagus. Contohnya search engine/mesin pencarian seperti Google dapat memanfaatkan C++ secara ekstensif.

Itu adalah 5 Bahasa Pemrograman Terbaik Untuk Kecerdasan Buatan. Pemilihan bahasa pemrograman untuk membuat kecerdasan buatan sangatlah bergantung pada cabang AI dari sistem anda. Sebelum menentukan bahasa pemrogramman yang ingin kita pakai, pastikan bahasa itu dapat kita gunakan fiturnya secara ekstensif.

Sekian artikel saya kali ini. Sekian dan terimakasih.

HAPPY CODING

Leave a Reply