Apa saja fitur baru bootstrap 4

Apa saja fitur baru bootstrap 4 ? Bootstrap adalah framework front-end development paling terkenal. Hal ini dikarenakan bootstrap memiliki banyak fitur, antara lain:

  • mudah digunakan
  • dapat kita kostumisasi
  • sangat responsif
  • compatible di kebanyakan platform
  • dokumentasi yang baik
  • Open source

Jadi apa saja yang baru?

Bootstrap 4 versi betanya telah rilis 7 bulan sesudah versi alpha nya. Jika kalian telah memakai bootstrap versi 3 dan ingin mengupdate ke bootstrap 4, ini adalah list hal-hal yang baru dari bootstrap 4

Menggunakan Sass

 

Download logo sass

Perubahan yang dilakukan dari bootstrap 3 ke 4 adalah digantinya Less ke Sass. Sass dan less mudahnya adalah preprocessor pada css, ini memungkinkan banyak fitur programming tersedia di css, jadi jika kalian ingin mendalami dunia front end penggunaan preprocessor css akan sangat membantu kalian.

Sistem Grid yang telah ditingkatkan

grid system bootstrap 4

Pada bootstrap 3, grid dihitung dengan satuan pixels, sedangkan di bootstrap 4 grid dihitung dengan satuan ems dan rems. Bootstrap 4 memiliki tingkat grid yang lebih kecil yang digunakan untuk penargetan ke perangkat mobile.

Komponen Baru: Cards

Bootstrap 4 Card component

Cards adalah komponen baru di bootstrap. Cards dapat digunakan untuk menggantikan wells,thumbnails dan panel.

Penulisan ulang javascript

Logo ES6 download

Sekarang javascript ditulis ulang dalam ES6.

Tidak lagi mendukung IE8

Internet Explorer suck

Bootstrap 4 sudah tidak lagi mendukung IE8, jadi jika kalian ingin membuat website yang bekerja di broser lama, gunakan bootstrap 3.

Dokumentasi yang lebih baik

Dokumentasi software yang baik

Clear. Concise. User friendly.

Tidak bisa dipungkiri bahwa bootstrap 3 telah terdokumentasi dengan cukup baik, bootstrap 4 masih memiliki dokumentasi yang lebih baik. Bootstrap 4 menulis ulang dokumentasi nya kedalam markdown dan menambah contoh pemakaian beberapa plugin beserta code snippet.

Penempatan otomatis Tooltips dan Popovers yang lebih baik

bootstrap 4 popover

Popover bootstrap 4

Bootstrap 4 tooltip

Tooltip dari bootstrap 4

Penempatan otomatis dari tooltips dan popovers berkat tether. Jika kalian ingin menggunakan fitur ini kalian dapat menambahkan script tether.min.js sebelum javascript dari bootstrap kalian.

Demikian postingan saya kali ini. Bagaimana tertarik dengan bootstrap 4 ? Seperti yang saya bilang bahwa dokumentasi bootstrap sudah sangat baik, kalian dapat membacanya di dokumentasi official bootstrap 4

Leave a Reply