Cara menggunakan DataGridView di C# windows form

Pendahuluan

DataGridView di C# adalah salah satu kontrol yang digunakan untuk menampilkan data-data dalam bentuk tabel. DataGridView di c# menyediakan fitur yang sangat lengkap untuk mengendalikan data tabel. Data grid view juga menyediakan properti, methods dan event untuk mengatur tampilan dan perilaku dari data grid view.

Data grid view mempermudah kita untuk membuat tampilan sederhana dari sel/cell dan menentukan formatting nilai dari sel. Sel merupakan unit dasar dari data grid view. Setiap sel di DataGridView merupakan turunan dari DataGridViewCell, setiap sel pada DataGridView memiliki pengaturan style tersendiri. Setiap nilai yang terkandung didalam sel itu sendiri memiliki tipe data object.

Pada tutorial kali ini kita akan membuat DataGridView di C# windows form. Hasil program kali ini meerupakan contoh sederhana dari DataGridView yaitu program untuk menyimpan daftar nomor telepon. DataGridView yang akan kita memiliki mode pemilihan full row, yang berarti ketika kita memilih suatu sel dari DataGridView kita akan otomatis memilih seluruh data di row sel tersebut.

Tutorial cara menggunakan datagridview di c#

Program yang akan kita buat di tutorial ini

Catatan Sebelum memulai tutorial

Saya membagi tutorial kali ini menjadi beberapa page, sebelum lanjut ke page berikut nya. silahkan membuat project pada visual studio dengan jenis project C# windows form. Setelah selesai lanjut ke page berikutnya

Leave a Reply