Kelas dan objek pada C++

Pada tutorial sebelumnya kita telah membahas tentang pointer dan referensi pada bahasa C++. Kali ini kita akan membahas tentang kelas dan objek pada C++. Tutorial kali ini akan meliputi pengertian dan konsep dasar tentang kelas dan objek pada C++, dan penggunaan dari kelas dan objek.

Pada mulanya tujuan utama dari diciptakannya bahasa C++ adalah untuk menambahkan orientasi objek(Object oriented programming/OOP) ke bahasa pemrograman C.  Video lengkapnya dapat kalian lihat dibawah ini:

Kelas dapat juga disebut dengan user-defined data types.

Kelas digunakan untuk menentukan bentuk dari objek dan menggabungkan data dan fungsi atau metide yang digunakan untuk memanipulasi data-data tersebut. Data didalam kelas disebut sering disebut dengan atribut dan fungsi yang memanipulasi data/atribut tersebut disebut dengan method atau behavior.

Membuat Kelas di C++

Ilustrasi dari kelas dan objek

Ilustrasi dari kelas dan objek

Ketika kita mendefinisikan kelas berarti kita membuat rancangan/blueprint dari tipe data. Hal ini tidak membuat suatu data, namun mendefinisikan ciri-ciri yang dimiliki dari objek dari kelas tersebut berupa: data/atribut yang dimiliki dari objek, dan operasi yang bisa dilakukan ke objek tersebut.

member dari kelas

kelas dapat memiliki anggota/member berupa attribut dan methods

Mendefinisikan kelas pada bahasa C++ dimulai dengan kata kunci class dan diikuti dengan nama kelas. Kemudian tubuh dari kelas yang berada diantari tanda kurung kurawal, yang didalamnya terdapat atribut-atribut dan method-method yang dimiliki dari kelas tersebut . Setelah tanda kurung kurawal dapat diberi daftar deklarasi objek. Definisi dari kelas selalu diakhiri dengan tanda semicolon(;). Contohnya kita membuat kelas persegi seperti dibawah ini:

class Persegi
{
public:
  double panjang;
  double lebar;
};

Atau dapat juga ditulis seperti dibawah ini, apabila kita ingin membuat objek dari kelas secara langsung setelah mendefinisikannya.

class Persegi
{
public:
  double panjang;
  double lebar;
}persegi1,persegi2;

Kata kunci public menentukan spesifikasi akses dari anggota kelas yang mengikutinnya yaitu: double panjang; dan double lebar; . Hal ini berarti kita membuat anggota kelas dapat diakses dari luar kelas persegi. Kita juga dapat membuat anggota dari kelas menjadi private dan protected.

Membuat objek dari suatu kelas

Kelas menyediakan rancangan/blueprint dari objek, jadi pada dasarnya sebuah objek dibuat dari sebuah kelas. Selain dengan cara yang disebutkan diatas yaitu setelah kelas didefinisikan kita juga dapat mendeklarasikan objek layaknya kita mendeklarasikan variabel. Statement berikut ini adalah statement untuk membuat objek dari kelas persegi

Persegi persegi1;
Persegi persegi2;

Kedua objek persegi1 dan persegi2  adalah objek dari kelas Persegi, jadi kedua objek tersebut memiliki anggota dari kelas Persegi yaitu double panjang; dan double lebar;

Mengakses anggota didalam objek

Anggota yang dideklarasikan secara public dapat diakses dari luar kelasnya. Caranya adalah dengan menggunakan operator direct member access yaitu titik (.). Contohnya ketika kita ingin mengakses data panjang dari persegi1 kita dapat lakukan:

persegi1.panjang=10.5;

Penggunaan kelas dan objek

Pada contoh penggunaan dari tutorial kelas dan objek kali ini kita akan membuat program yang digunakan untuk menghitung luas dan keliling dari persegi secara OOP.

#include <iostream>

using namespace std;

class Persegi
{
public:
  double panjang;
  double lebar;

  double hitungLuas(){
    return panjang*lebar;
  }
  double hitungKeliling(){
    return 2.0*panjang+lebar;
  }
};

int main(){
  //membuat objek
  Persegi persegi1;
  Persegi persegi2;

  //memberikan nilai ke anggota masing" objek
  persegi1.panjang=5.2;
  persegi1.lebar=8.2;
  persegi2.panjang=4.2;
  persegi2.lebar=6.6;

  //memanggil method dari masing" objek
  cout << "Luas persegi1 : " << persegi1.hitungLuas() <<endl;
  cout << "Keliling persegi1 : " << persegi1.hitungKeliling() <<endl;
  cout << "Luas persegi2 : " << persegi2.hitungLuas() <<endl;
  cout << "Keliling persegi2 : " << persegi2.hitungKeliling() <<endl;
}

Sekian dari tutorial kali ini. Jika ada kritik,saran dan pertanyaan silahkan post komentar

HAPPY CODING

referensi:

https://www.tutorialspoint.com/cplusplus/cpp_classes_objects.htm

http://www.cplusplus.com/doc/tutorial/classes/

No Responses

Leave a Reply