Statement Kontrol Bahasa C/C++

ilustrasi dari statement control pada pemrograman

Pada Tutorial C++ Sebelumnya kita telah membahas tentang Input dan Output pada Bahasa C++. Pada tutorial kali ini kita akan belajar tetang statement kontrol pada bahasa C++.Statement kontrol adalah statement yang dapat mengubah alur program. Statement kontrol dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu:

  1. Percabangan
  2. Perulangan

Akan tetapi sebelum mempelajari statement. Sebaiknya kita membelajari dahulu tentang operator perbandingan dan logika.

Operator pembanding dan logika

logika diggunakan untuk percabangan dan perulangan

Operator pembanding adalah operator yang digunakan untuk membandingkan statement 1 dengan statement lainya. Operator logika adalah operator yang digunakan untuk operasi logika.

Daftar Operator Pembanding

== Sama dengan
!= Tidak sama dengan
< Lebih kecil
<= Lebih kecil atau samadengan
> Lebih besar
>= Lebih besar atau samadengan

Daftar Operator Logika

|| OR
&& And
! Negasi/Not

Percabangan

Percabangan dilakukan apabila kita ikin menjalankan suatu pekerjaan sesuai kondisi tertentu. Contohnya adalah kita ingin membuka kunci pintu jika pintu terkunci. pada tersebut ini membuka kunci akan dikerjakan apabila kondisi pintu terkunci terpenuhi, jika pintu tidak terkunci maka kondisi tidak akan terpenuhi maka kunci pintu tidak perlu dibuka. Percabangan dicapai dengan menggunakan IF,IF-ELSE,IF-ELSE-IF,SWITCH.

IF

flowchart dari if

IF digunakan jika kita ingin menjalankan suatu statement jika memenuhi suatu kondisi contoh nya:

if(bilangan>10)
{
  cout<<"Bilangan lebih besar dari 10"<<endl;
}

Pada contoh diatas, bila nilai dari variabel bilangan llebih besar dari 10 maka statement didalam blok kode (diantara kurawal) setelahnya akan dijalankan, akan tetapi apabila nilainya lebih kecil atau samadengan, statement itu tidak akan dijalankan.

IF-ELSE

flowchart dari if else

IF-ELSE digunakan jika kita memiliki 2 alternatif, jika memenuhi suatu kondisi maka maka akan menjalankan suatu statement, dan jika kondisi tersebut salah maka ia akan menjalankan statement lain.

if(nilai>=70)
{
  cout<<"Anda lulus KKM"<<endl;
}
else
{
  cout<<"Anda tidak lulus KKM"<<endl;
}

Pada contoh diatas, apabila nilai lebih besar atau samadengan 70 maka akan menjalankan statement diblok pertama, yaitu mengoutpukan “Anda lulus KKM”, jika kondisi lebih besar atau samadengan bernilai salah maka akan menjalankan statement di blok else yaitu mengoutputkan “Anda tidak lulus KKM”

IF-ELSE-IF

flowchart dari if else if

IF-ELSE-IF Layaknya IF-ELSE akan tetapi jika kondisi pertama tidak terpenuhi akan mengecek kondisi kedua, statement percabangan ini dapat di chain atau digabungkan menjadi if-else-if yang panjang.

if(jenisKelamin=='L'||jenisKelamin=='l'){
  cout<<"anda laki-laki"<<endl;
}else if(jenisKelamin=='P'||jenisKelamin=='p'){
  cout<<"anda Perempuan"<<endl;
}

Pada contoh diatas jika nilai jenisKelamin sama dengan L ataupun l maka mengoutputkan “anda laki-laki”, jika kondisi ini salah maka akan menuju ke pengecekkan kondisi yang ke dua yaitu nilai jenis kelamin sama dengan P ataupun p jika benar maka mengoutputkan “anda perempuan”. Pada IF-ELSE-IF pun dapat kita tambah dengan ELSE, contohnya jika nilai jenisKelamin bukanlah L/l/P/p melainkan karakter lain seperti Z, kita dapat melakukan

if(jenisKelamin=='L'||jenisKelamin=='l'){
  cout<<"anda laki-laki"<<endl;
}else if(jenisKelamin=='P'||jenisKelamin=='p'){
  cout<<"anda Perempuan"<<endl;
}else{
  cout<<"jenis kelamin tidak dikenal"<<endl;
}

SWITCH

flowchart dari switch

Switch bekerja dengan cara mengecek suatu kodisi apakah terdapat kecocokan (nilainya sama) dengan case-case nya, dan memiliki statement default yang akan selalu dijalankan. Contoh nya:

switch(month)
{
  case 1:
    cout<<"Januari"<<endl;
    break;	
  case 2:
    cout<<"Februari"<<endl;
    break;	
  case 3:
    cout<<"Maret"<<endl;
    break;	
  case 4:
    cout<<"April"<<endl;
    break;	
  case 5:
    cout<<"Mei"<<endl;
    break;	
  case 6:
    cout<<"Juni"<<endl;
    break;	
  case 7:
    cout<<"Juli"<<endl;
    break;	
  case 8:
    cout<<"Agustus"<<endl;
    break;	
  case 9:
    cout<<"September"<<endl;
    break;	
  case 10:
    cout<<"Oktober"<<endl;
    break;	
  case 11:
    cout<<"November"<<endl;
    break;	
  case 12:
    cout<<"Desember"<<endl;
    break;	
  default:
    cout<<"Tidak diketahui"<<endl;	
}

pada contoh diatas switch akan mencocokan apakah nilai dari month sama dengan salah satu case nya dan jika tidak ada yang cocok hanyalah case dafult yang dijalankan. Akan tetapi jika cocok maka, akan menjalankan statement setelah case yang cocok. Perlu diperhatikan setiap case memiliki break yang berarti keluar dari switch, jika kita menghilankan break maka statement akan lanjut ke bawahnya.

Perulangan

Perulangan adalah proses mengulang suatu blok statement apabila memenuhi suatu kondisi sampai kondisi tersebut bernilai salah/false. Contohnya adalah ketika kita ingin membuka baut, kita akan terus memutarnya sampai dia terlepas, disini kita memiliki pekerjaan yang terus diulang yaitu memutar baut dan itu akan terus dilakukan selama baut belum terlepas. Perulangan dapat dilakukkan dengan WHILE,DO-WHILE,FOR.

WHILE

flowchart dari while

While adalah model pengulangan paling sederhana, perulangan akan dilakukan selama kondisi didalam while terpenuhi. Pengecekkan kondisi selalu dilakukan sebelum menjalankan statement didalam blok kode

while(masihJalan){
  statement_saya;
}

pada kode diatas jika nilai masihJalan bernilai true maka statement_saya akan terus dijalankkan sampai nilai masihJalan bernilai false. Pada contoh ini tentu saja kita perlu menambahkan statement yang akan membuat nilai masihJalan menjadi false, agar perulangan tidak terus menerus dilakukkan.

DO-WHILE

flowchart dari do-while

Do while dilihat dari namannya memiliki kesamaan dengan WHILE, akan tetapi pengecekkan kondisi dilakukkan setelah statement didalam blok kode selesai dijalankan.

do{
  statement_saya;
}while(masihJalan);

pada kode diatas statement_saya; akan dijalankkan apabila nilai masih jalan bernilai true. Perlu diingat bahwa pengecekan dilakukan diakhir perulangan jadi statement_saya akan dijalankkan paling tidak satu kali.

FOR

flowchart dari for

For adalah perulangan yang dilakukkan apabila kita ingin dilakukkan perulangan dengan jumlah yang bisa kita tetapkan. Kode ini bekerja dengan melakukkan inisialisasi di awal (Hanya dilakukan sekali diawal), kemudian dilakukan pengecekkan kondisi diawal tiap perulangan layaknya while, setelah perulangan berakhir selalu dilakukkan eksekusi suatu statement yang biasanya adalah increment(++) dan decrement(–).

for(int i=0;i<10;i++){
  statement_saya;
}

pada kode diatas i diberi nilai awal 0, dan perulangan akan dilakukkan ketika i bernilai lebih kecil dari 10, dan tiap akhir perulangan nilai i akan ditambah 1 nilainya, jadi dapat dihitung bahwa perulangan akan dilakukkan sebanyak 10 kali (saat nilai i 0 sampai nilai i 9)

Catatan:

pada bahsa C kita tidak bisa mendeklarasikan variabel baru di for loop seperti contoh diatas, maka dari itu kita harus mendeklarasikannya dahulu.

int i;
for(i=0;i<10;i++){
  statement_saya;
}

Sekian tutorial kali ini, semoga dapat bermanfaat, jika memiliki pertanyaan ataupun masalah, silahkan post komentar.
HAPPY CODING

Referensi:

http://www.cplusplus.com/doc/tutorial/control/

http://www.tutorialspoint.com/ansi_c/c_control_statements.htm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.