Tutorial C/C++ Struktur Dasar Kode Program

Hello World

Pada postingan sebelumnya kita sudah mempelajari cara menginstall minGW, maka dari itu kita sudah bisa mengcompile source code yang akan kita buat kedepan, lalu pada tutorial kali ini saya akan membahas tentang struktur kode program bahasa c/c++, jika anda bertanya-tanya, kenapa saya menjadikan satu tutorial 2 bahasa ini, hal ini dikarenakan untuk struktur dasar penulisan kode pada dua bahasa ini hampir sama. Setelah mempelajari struktur kode program, kita akan mulai menulis program sederhana yang mengoutputkan string “Hello World”.

Ilustrasi
Patung the thinker dapat juga menggambarkan perilaku kita ketika belajar memprogram, perlu konsentrasi. sumber

Struktur dasar kode program C dan C++

Program C maupun C++ selalu dimulai dengan include preprocessor, yang bertujuan untuk memberi clue pada compiler agar menyertakan file header.

#include <stdio.h>

Diatas adalah include statement dari bahasa C untuk menyertakan header stdio.h, header stdio.h digunakan untuk input dan output program C, pada bahasa C kita bisa menggunakan header stdio.h, akan tetapi C++ juga memiliki header yang digunakan untuk proses input dan output yaitu iostream. Perlu diingat bahwa kita dapat menyertakan header C di C++ akan tetapi kita tidak bisa menyertakan header C++ di bahasa C.

#include <iostream>

Setelah include preprocessor terdapat fungsi main, yang merupakan tempat awal program berjalan.

int main(int argc, char const *argv[]){
    /*Taruh kode disini*/

    return 0;
}

fungsi main merupakan awal suatu program berjalan, jadi ketika kita menjalankan program yang kita buat, program akan otomatis menjalankan statement-statement di fungsi main, untuk detail tentang apa itu fungsi akan kita bahas di tutorial fungsi.

Jika digabungkan maka struktur kode program bahasa C/C++ adalah sebagai berikut

#include <stdio.h>

int main(int argc, char const *argv[])
{
  /* kode mu disini */

  return 0;
}

Akan tetapi pada bahasa C++ agak sedikit berbeda. ketika kita menggunakan header iostream, semua fungsi input ataupun output didalam header iostream terdapat didalam standart (std) namespace, maka dari itu struktur kode nya akan terlihat seperti berikut.

#include <iostream>

using namespace std;

int main(int argc, char const *argv[])
{
  /* Taruh kode mu disini */
  return 0;
}

Program Hello World

Dengan mengetahui struktur kode program C/C++ maka sudah dapat membuat program dari kode diatas, akan tetapi program tersebut tidak melakukan apa-apa, karena didalam fungsi main, hanya ada statement  return 0; , statement digunakan untuk menyelesaikan kerja fungsi main, yang berarti program telah selesai berjalan.

Maka dari itu kita akan mengeluarkan output text yang bertuliskan kata “Hello World” yang terdapat didalam header stdio.h yaitu  printf("Hello World"); atau jika didalam header iostream di c++ kita menggunakan  cout<<"Hello World";

Maka kita akan mendapatkan kode sumber seperti dibawah ini

Bahasa C

#include <stdio.h>

int main(int argc, char const *argv[])
{
  printf("Hello world" );
  
  return 0;
}

Simpan dengan ekstensi .c

Bahasa C++

#include <iostream>

using namespace std;

int main(int argc, char const *argv[])
{
  cout<<"Hello World";

  return 0;
}

Simpan dengan ekstensi .cpp

Cara mengcompile kode program C/C++

Jika kalian menggunakan IDE seperti Codeblocks ataupun devCPP proses mengcompile program bukanlah hal yang sulit, karena telah disediakan tombol build yang tinggal diklik,

Akan tetapi jika kita koding dengan notepad++ ataupun sublime text, kita harus mengcompile di command prompt.

Untuk mengkompile lewat command prompt, silahkan buka command prompt dan navigasikan ke folder tempat anda menyimpan kode sumber, misal kalian menyimpan di  E:\MyCode dengan nama test.c dan test.cpp

untuk mengcompile kita tinggal mengetikkan command

gcc test.c -o test.exe untuk source code c,

g++ test.cpp -o test.exe untuk source code c++,

jika kita cermati format perintah nya adalah nama kompiler yaitu g++ atau gcc, diikuti dengan nama kode sumber, dan diikuti dengan  -o <nama file program>.exe

Itu saja yang bisa saya sampaikan pada tutorial kali ini, jika menemui permasalahan silahkan post komentar.

Setelah selesai apa yang harus dilakukkan? Anda bisa lihat tutorial lanjutan tentang variabel dan konstanta

*Catatan:

cout sebenarnya bukanlah suatu nama fungsi melainkan adalah object atau lebih tepatnya static object, penjelasan tentang object akan dijelaskan di postingan class dan object.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.