Tutorial C++ Konsep Input dan Output

Ilustrasi proses input ouput

Pada postingan sebelumnya kita telah mempelajari tentang konsep variabel dan konstanta. Saya akan menshare tutorial input dan output pada bahasa C++. Tutorial ini akan diisi dengan pengenalan konsep input dan output, dan diikuti cara melakukan input dan output di bahasa C++ beserta penerapan sederhanannya

Seperti yang kita ketahui Input adalah suatu proses yang dilakukan oleh komputer untuk mendapatkan masukan data dari pengguna atau user. Sedangkan Output adalah proses mengeluarkan informasi yang telah diolah oleh komputer.

Ilustrasi proses input ouput
Ilustrasi Input output, diantara keduanya terdapat gear yang melambangkan proses

Seperti ilustrasi diatas, program secara garis besar berguna untuk mentransformasi data dari user ke suatu informasi yang memiliki nilai guna bagi user, maka dari itu diakhir tutorial kali ini, kita akan merubah program menghitung luas linkaran yang telah kita buat sebelumnya, menjadi program untuk menghitung luas dari data yang inputkan oleh user.

Output

Pada tutorial sebelumnya kita telah menggunakan fitur output yang ada di header iostream, yaitu cout. Kita menulisnya seperti berikut ini

cout<<"Panjang: "<<panjang<<endl;

Penggunaan cout  untuk output adalah dengan memberikannya operator << yang merupakan stream operator (di bahasa C ini hanya digunakan untuk bitshift saja), diikuti dengan apa yang kita ingin outputkan. Pada contoh diatas kita ingin mengoutputkan string (tepatnya array of char) diikuti dengan nilai variabel panjang dan diakhiri dengan pindah baris. Bisa diperhatikan bahwa operator ini dapat digabungkan sehingga kita tidak perlu mengoutputkan satu persatu.

Input

Input pada bahasa C++ dapat dilakukan dengancin. cin terletak di di header iostream, penulisan cin adalah sebagai berikut

cin>>VariabelMu;

Jadi jika kita ingin menerima inputan dari user dan memasukkan nya ke variabel panjang kita bisa lakukan

cin>>panjang;

cin selalu diikuti dengan operator stream  >>, layaknya cout, cin dapat di gabungkan tetapi hal ini tidak direkomendasikan karena sangat ambigu, jika kita memasukkan data yang berbeda dengan tempat kita menyimpan nilai inputan, cin akan berusaha mengkonversi nilai nya, akan tetapi jika kita memasukan string ke integer, cin akan memberikan nilai 0 ke variabel integer kita.

Contoh Sederhana

Setelah mengetahui struktur penulisan cin dan cout, kita dapat membuat program sederhana yang akan menerima inputan berupa nama kita, lalu akan menyapa kita sesuai nama yang kita masukkan.

#include <iostream>
#include <string>       //untuk menggunakan tipe data string

using namespace std;

int main()
{
    string myName;
    cout<<"Siapa nama anda: ";
    cin>>myName;
    cout<<"Hallo "<<myName<<endl;
}

Jika kita jalankan program diatas kita akan mendapatkan output seperti berikut ini

hasil sederhana
Dijalankan http://cpp.sh/

Program menghitung luas linkaran

Sekarang dari program yang telah kita buat di post sebelumnya, kita dapat merubahnya ke program interaktif sederhana untuk menghitung luas linkaran, berdasarkan input user. Yang perlu kita lakukan adalah menghapus inisialisasi nilai ke variabel jariJari. dan menambahkan statement input data dari user ke variabel jariJari.

// Example program
#include <iostream>
using namespace std;

int main()
{
    const float PI=3.14;
    float jariJari;                 //Hapus inisialisasi nilai
    float luas;
    
    cout<<"Panjang jari-jari: ";
    cin>>jariJari;                  //tambahkan statement untuk input ke variabel jariJari
    luas=PI*jariJari*jariJari;
    cout<<"Luas Linkaran : "<<luas<<endl;
}

Seperti itulah konsep dasar input output bahasa C++, sekian tutorial kali ini jika menemui masalah atau pertanyaan silahkan post komentar.

HAPPY CODING

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.